Artikel

Dapatkan segala informasi dan tips seputar rambut yang anda butuhkan

Penyebab Rambut Botak Pada Pria dan Wanita

Rambut merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Khususnya buat kamu yang suka menata rambut agar terlihat makin rapi dan cool. Namun, bagaimana jika penampilanmu harus terganggu dengan kebotakan. Pasti sangat mengkhawatirkan, bukan? Terlebih jika kebotakan yang kamu alami berlangsung terlalu dini. Berikut informasi mengenai penyebab rambut botak pada pria dan wanita yang harus kamu ketahui!

Keramas Berlebihan

Kebiasaan ini mungkin terdengar sepele, namun nyatanya dapat menjadi salah satu penyebab kebotakan baik pada pria maupun wanita. Keramas memang baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, tapi jika dilakukan secara berlebihan malah akan merusaknya.

Kandungan bahan kimia dalam shampoo dapat berdampak buruk pada rambut jika digunakan dengan dosis berlebih. Oleh karena itu, pastikan kamu keramas dan menggunakan produk perawatan rambut lainnya dengan secukupnya ya, RCH fellows.

Tidak Sehatnya Kulit Kepala

Rambut dapat tumbuh hanya jika kulit kepalamu memiliki nutrisi dan gizi yang mencukupi. Apabila kulit kepala tidak sehat, maka pertumbuhan folikel rambut akan terhambat. Semakin jadi masalah ketika sel-sel kulit rambutmu sudah tidak mampu merangsang pertumbuhan rambut yang lama-kelamaan menyebabkan kebotakan.

Stres

Ketika kamu mengalami stres berlebihan, berbagai anggota tubuh akan mengalami dampaknya, tak terkecuali pada rambut. Biasanya kamu akan mendapati rambut rontok lebih banyak ketika sedang stres. Biasanya, kerontokan rambut ini bersifat sementara. Namun, jika tidak diatasi dengan segera kemungkinan rambut rontok yang berakhir pada kebotakan juga cukup tinggi.

Faktor Keturunan

Umumnya rambut botak disebabkan oleh faktor keturunan. Khususnya pada pria, pola kebotakan terjadi secara bertahap dan dalam pola yang dapat diprediksi. Kebotakan ini diawali dengan garis rambut di dahi yang makin mundur, disertai titik atau daerah lingkaran kebotakan kecil pada kulit kepala. Sedangkan kebotakan pada wanita biasanya diawali dengan rambut yang semakin menipis.

Pengaruh Hormon

Hormon dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Ada kalanya pria maupun wanita mengalami perubahan hormon. Hormon Androgen memengaruhi pertumbuhan rambut pria yang ketika beranjak dewasa mengalami perubahan metabolisme. Akibatnya folikel rambut jadi sensitif dan menyebabkan penyusutan pertumbuhan. Fase penyusutan pertumbuhan rambut inilah yang lama-kelamaan memicu kebotakan.

Itulah beberapa penyebab rambut botak pada pria dan wanita yang harus kamu ketahui, RHC fellows. Dengan mengetahui beberapa penyebab kebotakan di atas, semoga kamu bisa mengatasinya dan melakukan pencegahan, ya. Jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisimu untuk mendapat perawatan rambut yang tepat. Good luck!

Share